Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Kemampuan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy

The Relationship of Parental Support and Gross Motor Skills in Children with Cerebral Palsy

  • Nahdiah Purnamasari Universitas Hasanuddin
  • Andi Besse Ahsaniyah
  • Widyastuti Widyastuti
  • Komang Trisna
Keywords: Cerebral Palsy, Dukungan orang tua, Motorik kasar

Abstract

Penyandang disabilitas adalah anak yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, dan sensorik dalam jangka waktu lama sehingga dalam berinteraksi dengan lingkungan dan masyarakat menjadi terhambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan melihat gambaran serta hubungan tentang dukungan yang diberikan orang tua dalam membantu untuk perkembangan kemampuan motorik kasar pada anak Cerebral Palsy. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Dukungan orang tua diukur menggunakan kuisioner Social Support Questionnaire for Children (SSQC) dan kemampuan motorik kasar anak menggunakan pengukuran GMFCS-E&R (Gross Motor Function Classification System Expanded and Resived). Tidak didapatkan adanya hubungan signifikan antara dukungan orang tua dengan perkembangan motorik kasar pada anak Cerebral Palsy. Dukungan orang tua yang termasuk kategori sangat baik diberikan kepada anak Cerebral Palsy dengan kemampuan motorik kasar yang sudah termasuk kategori berat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindita, A. R., & Apsari, N. C. (2020). Pelaksanaan Support Group Pada Orangtua Anak Dengan Cerebral Palsy. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 208. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26248

Dehghan, L., Dalvand, H., Feizi, A., Samadi, S. A., & Hosseini, S. A. (2016). Quality of life in mothers of children with Cerebral Palsy: The role of children’s gross motor function. Journal of Child Health Care, 20(1), 17–26. https://doi.org/10.1177/1367493514540816

Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak dengan Orang Tua Bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), 48–55. https://doi.org/10.7454/jki.v20i1.439

Hermawan, B. D. (2013). Terapi Musik Perkusi Untuk Melatih Motorik Anak Cerebral Palsy. Jurnal Seni Musik.

Johnston, M. V., & Hagberg, H. (2007). Sex and the pathogenesis of Cerebral Palsy. Developmental Medicine and Child Neurology, 49(1), 74–78. https://doi.org/10.1017/S0012162207000199.x

Glinac, A., Matović, L., Delalić, A., & Mešalić, L. (2017). Quality of life in mothers of children with Cerebral Palsy. Acta Clinica Croatica, 56(2), 299–307. https://doi.org/10.20471/acc.2017.56.02.14

Mcmanus, B. M., Murphy, N., Program, P. T., Richardson, Z., Khetani, M. A., Schenkman, M., Program, P. T., & Morrato, E. H. (2021). HHS Public Access. 46(1), 1–8. https://doi.org/10.1111/cch.12724.Family

Nurfadilla, H. N., Gamayani, U., & Dewi Nasution, G. T. (2018). Komorbiditas Pada Penyandang Cerebral Palsy (Cp) Di Sekolah Luar Biasa (Slb). Dharmakarya, 7(2), 90–96. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v7i2.19403

Lestari, S., Yani, D. I., & Nurhidayah, I. (2018). Kebutuhan Orang Tua dengan Anak Disabilitas Parents ’ Need of Children with Disability Data dari Survei Sosial Ekonomi Sipil Kabupaten Bandung pada tahun pengkajian International Labour Organitation Komunitas Ikatan Keluarga dengan. Journal of Nurshing Care, 1(1), 50–59.

Rina Astuti, F., Dwilestari Puji Utami, R., Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta, M., & Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta, D. (n.d.). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kualitas Hidup Anak Cerebral Palsy (Cp) Di Poli Anak Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta.

Riskesdas, K. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS). Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–200. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Rudd, J. R., Crotti, M., Fitton-Davies, K., O’Callaghan, L., Bardid, F., Utesch, T., Roberts, S., Boddy, L. M., Cronin, C. J., Knowles, Z., Foulkes, J., Watson, P. M., Pesce, C., Button, C., Lubans, D. R., Buszard, T., Walsh, B., & Foweather, L. (2020). Skill Acquisition Methods Fostering Physical Literacy in Early-Physical Education (SAMPLE-PE): Rationale and Study Protocol for a Cluster Randomized Controlled Trial in 5–6-Year-Old Children From Deprived Areas of North West England. Frontiers in Psychology, 11(June). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01228

Trisnowiyanto, B. (2020). The Level of Children’s Independence with Cerebral Palsy in Several Regions in Java and Sumatra. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.171

Santa, F., Boru, A., Mogi, T. I., Gessal, J., Skripsi, K., Kedokteran, F., Sam, U., & Ratulangi, U. S. (2016). Prevalensi Anak Cerebral Palsy Di Instalasi Rehabilitasi Medik Rsup Prof.Dr.R.D.Kandou Manado Periode 2015. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 1(1), 14–19.

Septiana, V. T., & Widiastuti, A. A. (2019). Dukungan Orang Tua dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy Usia 5-7 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.298
Published
2023-07-18
How to Cite
Purnamasari, N., Ahsaniyah, A. B., Widyastuti, W., & Trisna, K. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Kemampuan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 7(2), 212-219. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v7i2.249
##“article.abstract”## viewed = 176 times
PDF downloaded = 161 times