Pengaruh Pemberian Kombinasi Core Stability Exercise dan Wobble Board Terhadap Keseimbangan Dinamis Pada Anak Sekolah Dasar

Effect Of Combination Core Stability Exercise And Wobble Board For Dynamic Balance On Primary School Children

  • I Made Astika Yasa Prodi Fisioterapi Universitas Dhyana Pura
  • Luh Putu Ayu Vitalistyawati Universitas Dhyana Pura
Keywords: Wobble Board, Core Stability, Y Balance Test

Abstract

Menurunnya minat anak-anak terhadap aktivitas motoric akibat gadget akan menghambat dari proses perkembangan motoric ini terutama pada keseimbangan dinamis. Perlunya diberikan latihan modifikasi untuk dapat membantu mengoptimalkan perkembangan keseimbangan dinamis pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian Core Stability Exercise dan Wobble Board terhadap keseimbangan dinamis pada anak sekolah dasar. Metode penelitian ini pre-eksperimental dengan one group pre-test and post-test design. Alat ukur keseimbangan dinamis yang digunakan adalah Y Balance Test. Sampel pada penelitian ini sejumlah 17 orang yang didapat berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji Normalitas dengan Shapiro-wilk test menunjukkan p>0,05 pada hasil pre dan post test. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test didapatkan hasil p=0,000 yang berarti terdapat peningkatan keseimbangan dinamis pada anak sekolah dasar dengan presentase peningkatan sebesar 11,65%. Sehingga kombinasi dari Core Stability Exercise dan Wobble Board dapat menjadi salah satu modifikasi latihan keseimbangan dinamis pada anak-anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, R., Hasan, D. and Hosin, A.B. 2012. The Effect of 6 Week Core Stabilization Training Program on The Balance in Mentally Retarded Students. International Journal of Sport Studies, 2(10), pp. 496-501.

Berbudi. 2015. Pelatihan Core Stability dan Balance Board Exercise Lebih Baik Dalam Meningkatkan Keseimbangan Dibandingkan Dengan Balance Board Exercise pada Mahasiswa Usia 18-24 Tahun Dengan Kurang Aktivitas Fisik. Jurnal Fisioterapi. 15 (1). 20-28.

Berk, L. E. 2007. Development Through the Life Span. 4th ed. Boston: Allyn & Bacon

Budiman, D. (2004) . Psikologi Anak dalam Pendidikan Jasmani. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Fredericson, M. and Moore, T. 2005. Muscular Balance, Core Stability, and Injury Prevention for Middle- and Long-Distance Runners. Physical Medicine and Rehabililitation Clinics of North America, 16, pp.669-689.

Huxam, F. E. 2005. Theoretical Considerations In Balance Assessment. Australian Journal of Physiotherapy, Volume 30(1) p.32-28

Irfan, M. 2010. Fisioterapi bagi Insan Stroke edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu. Hal. 22-52

Karren Saunders 2008. Stability, Mobility and ankle and hip strategies

Kibler, W,B. 2006. The Role Of Core Stability in Athletic Function p. 189-198: Joel Press

Novitasari dan Khotimah. (2016). Dampak Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. (Online). Jurnal PAUD Teratai. Vol. 5 (3), 182-186.

Perdana, A. 2014. Perbedaan Latihan Wooble Board Dan Latihan Core Stability Terhadap Peningkatan Keseimbangan Pada Mahasiswa Esa Unggul. Jurnal Ilmiah Fisioterapi. Vol. 14 No 2.

Permana, D.F.W. 2013. Perkembangan Keseimbangan pada Anak Usia 7 s/d 12 Tahun Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3, pp.25-29.

Waddington, G. & Adams, 2007. The Effect of a 5-Week Wobble-BoardExercise Intervention on Ability to Discriminate Different Degrees of Ankle Inversion, Barefoot and Wearing Shoes: A Study in Healthy Elderly. Journal of the American Geriatrics Society, 52(4) p. 55-61
Published
2023-07-18
How to Cite
Yasa, I., & Ayu Vitalistyawati, L. P. (2023). Pengaruh Pemberian Kombinasi Core Stability Exercise dan Wobble Board Terhadap Keseimbangan Dinamis Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 7(2), 227-232. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v7i2.296
##“article.abstract”## viewed = 196 times
PDF downloaded = 215 times